Selasa, 15 Desember 2009

[Edisi 5] CONTRENG BERHADIAH

CONTRENG BERHADIAH
Ada banyak cara meningkatkan partisipasi politik warga dalam pemilu kali ini. Seperti halnya di TPS 35, Karonsih baru RT 03, RW XII, Ngaliyan. Misalnya dengan mencontreng dapat doorprize.
Ngaliyan - Inisiatif tersebut dari Ketua KPPS setempat, M. Sipan. “Ide tersebut muncul beberapa hari menjelang pencontrengan dilakukan. Dengan tujuan agar tidak ada warga saya yang golput,” beber pria berkumis tebal ketika ditemui.Pencontrengan dilakukan kamis (9/4) dimulai pada jam tujuh pagi sampai selesai. “Akan tetapi, kita menyelasaikan tepat jam enam sore agar tidak kesorean dan diselingi dengan pembagian doorprize,” ujar Sipan dengan wajah sangarnya.Jumlah daftar pemilih pencontreng dalam TPS 35 ada 306 orang.

Namun, yang hadir hanya 230 orang. “Saya kurang tahu dengan mereka yang tak datang,” sambungnya. Untuk perolehan suara sendiri yang didapat yakni PDIP meraih 61 suara, PKS 51 suara, dan Demokrat mendapat 34 suara. “Meskipun begitu, tidak ada perten¬tangan atau protes dari masing-masing caleg. Sehingga penghitungan suara berjalan lancar tanpa hambatan.”
Doorprize
Sejalan berjalannya penghitu¬ngan suara, disisipi pembagian hadiah atau doorprize. Yaitu setrika, radio, gelas, mangkok, dll. “Untuk dananya, saya dapat dari beberapa calon legislatif . Itu pun waktunya mepet sekali,” jabar Sipan sambil bercanda dengan anak kecil tetangganya. Pembagian hadiah dilakukan secara berselang-seling. Dengan pengambilan 5, 5, 3, 5, kertas undian pada masing-masing penghitungan kotak suara. “Meski dah ada doorprize, tapi masih saja sedikit warga yang hadir berpartisipasi. Meskipun semua itu hak warga untuk memberikan suaranya atau tidak,” keluhnya.“Tetapi, bagaimana caranya kita memilih seorang pemimpin untuk mengurus daerah agar menjadi lebih baik,” lanjut pria bertubuh kekar.“Benar memang perlu ide-ide cemer¬lang untuk menarik dan menyadarkan akan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Baik dalam pemilihan caleg ataupun pemilihan presiden dan wakil presiden berikutnya,” harapnya. (Yani/NM)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar